Sunday, October 27, 2013

Anti Cancer Rules - Non-Food

1. Make time to walk, dance or run. MInimal 30 menit, 5 hari seminggu. Intinya adalah berolahraga teratur.

2. Get in the sun at least 20 minutes without sunscreen (torso, arms, and legs) on most days. Sinar matahari membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh yang berguna dalam meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh terhadap kanker.

3. Avoid common contaminants. Hindari memasukkan makanan atau minuman panas di wadah plastik. Zat kimia dari plastik bisa masuk ke makanan dan minuman tsb. Sebisa mungkin gunakan wadah makanan dari gelas atau stainless steel. Hindari kosmetik yang mengandung paraben dan phtalathes. Zat kimia ini diketahui dapat menyebabkan kanker. Gunakan alat masak yang terbuat dari stainless steel atau gelas. Gunakan water filter jika akan menggunakan air dari keran untuk dikonsumsi. Saat menggunakan cell phone, sebisa mungkin jangan menempel di kuping, berikan jarak. Taruh pakaian yang di-dry clean di luar rumah selama 2 jam sebelum dipakai atau disimpan di lemari.

4. Reach out to at least 2 friends for support (logistical and emotional) during times of stress. Hug your loved ones often. Teman atau orang yang dekat dengan kita bisa membantu mengurangi stres dan beban emosi.

5. Learn a basic breathing technique. Berguna untuk melepaskan stress saat kita kesal, marah, tertekan. Membantu menstabilkan emosi.

6. Make sure you do one thing you love for yourself on most days. Jangan merasa egois jika setiap hari kita khusus melakukan sesuatu yang benar-benar kita suka untuk diri kita sendiri, bukan untuk anak, suami/istri, keluarga, teman, orang lain. Kita juga harus mencintai dan mengurus diri sendiri.

7. Find out how you can best give something back to your local community, then give it. Lakukan kegiatan sukarela yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Setelah kita mencintai diri sendiri tiba saatnya untuk menberikan manfaat bagi orang lain. ;)

4 comments:

  1. Waaah ini dia tantangannya buat yg tinggal di jakarta hey. Tks buat sharingnya, work life balance ya intinya. Balance yg sebenernya tapinya. Hidup sehat adalah hal yg mahal saat ini di jakarta hey.

    ReplyDelete
  2. Iya bener bgt Di, intinya hidup harus seimbang. Fisik maupun non-fisik harus diperhatiin kebutuhannya. Don't take anything for granted ;) jgn khawatir Di, when there's a will (the strong, very strong one) there will always be a way, insyaAllah ;)

    ReplyDelete
  3. hesti... apa khabar..??? semoga hesti cepat pulih dan bisa gabung ama kita2 lagi ya.....

    ReplyDelete
  4. Haris? Ini Haris temenku PCS 1?! Waaa tau dr Egi ya Ris? Aamiinn Y.R.A. Iya Ris, mudah2an abis ini bisa gabung lg sama temen2. Pingin ikut reunian2 jg ;) Thx for visiting ya Ris!

    ReplyDelete